Categories: POLDA SUMBAR

Polisi Masifkan Edukasi Masyarakat Digitalisasi Layanan Polri di Sumbar

Bharindo Padang,- Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Sumatra Barat, masifkan edukasi kepada masyarakat terkait digitalisasi berbagai  layanan strategis dan penegakan hukum bidang lalu lintas.

“Digitalisasi sudah diterapkan secara total di berbagai layanan strategis yang diberikan kepada masyarakat Sumbar,” ujar, Direktur Lalu Lintas Polda Sumbar, Kombes. Pol. HM Reza Chairul Akbar Sidiq, dilansir dari laman koran-jakarta, Selasa (16/9/25).

Ia mengatakan beberapa layanan strategis tersebut mulai dari bidang penegakan hukum lalu lintas, registrasi dan identifikasi (Regident) kendaraan bermotor, hingga penanganan kecelakaan.

Dalam hal menegakkan hukum Polda Sumbar telah memaksimalkan penerapan Electronic Traffic Law Enforcement (Etle), khususnya di Kota Padang.

Ia memaparkan untuk Kota Padang saat ini terdapat tiga unit ETLE yang digunakan oleh Kepolisian, dan telah difungsikan secara maksimal.

Layanan secara digital juga diterapkan dalam memantau kondisi arus lalu lintas terkini melalui Regional Traffic Management Centre (Pusat Manajemen Lalu Lintas Regional).

“RTMC kami gunakan untuk memantau situasi terkini kondisi arus lalu lintas, jika ada yang perlu penanganan maka personel akan dikerahkan ke lokasi tersebut,” jelasnya.

Selanjutnya, ia menyebutkan pada bidang Regident pihaknya juga telah menerapkan pembayaran pengasahan pajak tahunan lewat aplikasi “Signal” milik Korlantas Polri.

Kombes. Pol. HM Reza Chairul Akbar Sidiq, meminta masyarakat memahami dan mengetahui skema digitalisasi yang sudah diterapkan oleh Ditlantas Polda Sumbar dalam pelayanan Kepolisian.

Ia menyatakan keberadaan sistem digital hadir untuk mempermudah dan mengefisiensi pelayanan, sekaligus mencegah terjadinya pungutan liar (pungli).

“Digitalisasi akan mempersempit ruang transaksional sebagai celah terjadinya pungutan liar, karena tidak ada lagi transaksi tunai,” jelasnya.

Ia menerangkan pada sistem tilang elektronik (Etle) misalnya, pembayaran tilang dilakukan lewat virtual akun bernama BRIVA tanpa melalui petugas.

Diakhir kesempatan ia mengatakan digitalisasi pelayanan yang dilakukan oleh pihaknya juga dibarengi dengan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang melek dengan teknologi.

Untuk diketahui, Polri tengah bersiap memperingati Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-70 pada 2025 dengan tajuk “Lalu lintas modern yang berkeselamatan menuju Indonesia Emas”. (***)

adminbharindo

Recent Posts

Tekankan Pelayanan Humanis dan Percepatan Layanan SIM Nasional Presisi (SINAR)

bharindo.co.id Jakarta Utara,– Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri resmi menutup kegiatan Rapat Koordinasi dan Verifikasi…

4 jam ago

KAPOLRI DAN MENHUT PERKUAT KOORDINASI PENANGGULANGAN KARHUTLA

bharindo.co.id Jakarta,— Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menerima audiensi Menteri Kehutanan Raja Juli Antoni di…

5 jam ago

35 Tahun Mengabdi, Tetap Rendah Hati dan Dekat dengan Masyarakat

bharindo.co.id Tangerang Selatan,— Nama Iptu Kustam sudah tidak asing bagi warga Ciputat Timur, Kota Tangerang…

5 jam ago

DIVHUBINTER POLRI PERKETAT PENGAWASAN WNA BERMASALAH DI BALI

bharindo.co.id Bali,— Divisi Hubungan Internasional (Divhubinter) Polri mengambil langkah strategis dalam memperkuat pengawasan terhadap Warga…

5 jam ago

Wujud Respons Cepat dan Profesionalisme Polri dalam Situasi Darurat

bharindo.co.id Jakarta,— Peristiwa anjloknya Kereta Api Purwojaya dengan rute Cilacap–Gambir di kawasan Kedung Waringin, Kabupaten…

5 jam ago

Rehab Rumah Tidak Layak Huni Oleh Satgas TMMD Kodim 1426 Takalar Sudah Mencapai 52 Persen

bharindo.co.id Takalar,- Personel Satgas TMMD ke 126, Kodim 1426/Takalar, terus menggenjot pembangunan rehab Rumah Tidak…

5 jam ago