Mei 29, 2024

Bharindo Keerom ~ Sambut angin segar akan ketersediaan pasokan listrik di pedalaman Papua, Pos Tatakra Satgas Yonif 310/KK bersama warga siapkan lahan untuk pemasangan unit PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) sebagai satu-satunya sumber listrik yang dimiliki warga di Kampung Tatakra, Distrik Keerom, Papua, Kamis (16/5/2024).

Hal tersebut disampaikan oleh Dansatgas Yonif 310/KK Letkol Inf Andrik Fachrizal dalam keterangan tertulisnya secara terpisah di Makotis (Markas Komando Taktis) di Distrik Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang.

Dikatakan Dansatgas, membantu percepatan dalam ketersediaan listrik di Kampung Tatakra merupakan wujud kepedulian personil Satgas Yonif 310/KK terhadap masyarakat khususnya di wilayah perbatasan.

“Sampai saat ini masih banyak kampung-kampung di pedalaman Papua yang belum teraliri listrik secara maksimal, seperti halnya Kampung Tatakra ini. Kita berusaha semaksimal mungkin untuk membantu dan berikan dampak positif demi kesejahteraan mereka,” terang Dansatgas.

Diungkapkan Letkol Inf Andrik Fachrizal, bahwa selama ini masyarakat Kampung Tatakra mendapat pasokan listrik dari PLTS yang berada Pos Satgas Yonif 310/KK yang berjarak 200 meter dengan pemukiman warga. Dengan daya listrik yang ada di Pos Satgas Pamtas, tidak dapat mencukupi kebutuhan warga secara maksimal.

Sementara itu, Danpos (Komandan Pos) Tatakra, Letda Inf S. Simanullang menambahkan bahwa pemasangan unit PLTS ini bersumber dari Dana Kampung dan swadaya masyarakat, lahan yang disiapkan seluas 50 M². Rencananya pada awal Juni 2024 nanti, pemasangan unit PLTS ini akan segera dimulai.

“Kampung Tatakra memang kampung kecil yang hanya terdiri dari 28 rumah saja, akan tetapi hal tersebut bukan menjadi alasan untuk tidak mendapat akses dan pasokan listrik yang memadai,” tambah Danpos.

Disisi lain, Martin (45) selaku tokoh masyarakat mengucapkan terima kasihnya kepada personil Satgas Yonif 310/KK yang selalu hadir di tengah-tengah masyarakat untuk selalu membantu setiap kesulitan yang dihadapi.

“Bapak-bapak TNI selalu mendukung dan membantu setiap kesulitan warga disini. Bahkan mereka (personil Satgas) turut andil dalam rencana percepatan pembangunan PLTS yang akan dibangun nanti,” tutur Martin. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.