Juni 16, 2024

Bharindo Padang – Satuan Tugas (Satgas) Humas Operasi Mantap Brata Singgalang intensif melakukan patroli siber menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Langkah ini dilakukan untuk mencegah dan menindak segala bentuk kejahatan siber yang berpotensi mengganggu jalannya Pemilu 2024.

Hal itu diungkapkan Kasatgas Humas Kombes Pol Dwi Sulistyawan dalam rilis resmi bidang humas Polda Sumbar, Selasa (16/1/2024), menurutnya, patroli siber ini melibatkan personel dari satgasĀ  humas. Mereka akan melakukan pemantauan terhadap isu-isu yang berkembang terkait Pemilu 2024 di media sosial dan media mainstream.

“Patroli siber ini dilakukan untuk mendeteksi dan mencegah penyebaran informasi Hoax, Provokasi, Hate Speech, Propaganda yang dapat memecah belah bangsa,” ujarnya saat berbincang dengan awak media Bharindo.

Selain itu, patroli siber juga dilakukan untuk mengumpulkan data dan informasi terkait kejahatan siber yang berpotensi mengganggu pelaksanaan Pemilu 2024.

Dwi Sulistyawan menyebutkan, data dan informasi tersebut akan digunakan oleh Polri untuk melakukan penyelidikan dan penyidikan terhadap pelaku kejahatan siber.

“Polri akan menindak tegas setiap pelaku kejahatan siber yang mengganggu pelaksanaan Pemilu 2024,” sebutnya.

Dwi Sulistyawan menambahkan, patroli siber ini juga merupakan upaya Polri untuk mewujudkan Pemilu 2024 yang aman, damai, dan berintegritas. Polri mengajak masyarakat untuk turut berperan aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban dalam pelaksanaan Pemilu 2024, ungkapnya.

“Mari kita bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban di media sosial. Dengan demikian, media sosial dapat menjadi sarana yang positif untuk membangun masyarakat yang lebih baik,” pungkasnya. (ALS***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.