Maret 1, 2024

Bharindo Gorontalo – Dua Anggota yang bertugas di Polres Gorontalo, kembali di berhentikan dengan tidak Hormat (PTDH) dalam upacara yang dipimpin oleh Kapolres Gorontalo AKBP Dadang Wijaya, SIK, MM, Senin (04/12/2023).

adapun Anggota yang di PTDH masing-masing Brigpol Oyan Susilawati Abdjul,  Berdasarkan Surat Keputusan Kapolda Gorontalo Nomor : Kep / 428 / XI / 2023, dimana terhitung tanggal 23 November 2023, yang bersangkutan diberhentikan Tidak Dengan Hormat dari Dinas Polri.

Kemudian Brigpol Ethwin Husen, berdasarkan Surat Keputusan Kapolda Gorontalo Nomor : Kep /425/XI/ 2023, dimana terhitung tanggal 23 November 2023, yang bersangkutan diberhentikan Tidak Dengan Hormat dari Dinas Polri.

Hal tersebut merupakan salah satu sanksi yang diberkan kepada personil yang melanggar kode etik. Dimana, PTDH merupakan salah satu wujud dan bentuk realisasi dari komitmen pimpinan Polri dalam memberikan sanksi  hukuman bagi anggota yang melakukan pelanggaran.

“Pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH) adalah pengakhiran masa dinas kepolisian oleh pejabat Polri yang berwenang terhadap personil karena sebab tertentu. Meskipun demikian, PTDH merupakan keputusan terberat yang harus diambil oleh pimpinan Polri dalam Sidang KEPP” ujar Kapolres Gorontalo dalam amanatnya.

AKBP Dadang juga menegaskan bahwa tidak ada pimpinan yang ingin kehilangan anggotanya, apalagi melalui proses PTDH. Namun hal ini harus dilakukan sebagai bentuk komitment keseimbangan antara reward dan Punishment.

“Harusnya rekan – rekan  belajar dari kesalahan. Lakukan introspeksi diri apabila melakukan kesalahan bukan mengulangi lagi dengan kesalahan yang sama” tegas Kapolres.

Terakhir, Kapolres berharap kepada seluruh anggota untuk mengambil pelajaran dari peristiwa ini, sehingga kedepannya tidak terjadi lagi.

“dari peristiwa ini, mari bersama-sama kita jadikan sebagai renungan serta pembelajaran kedepannya, sehingga kita semua tidak melakukan pelanggaran hukum baik Disiplin, Kode Etik dan Pidana, yang pada akhirnya akan merugikan diri sendiri serta keluarga” pungkasnya. (pls***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.