Mei 28, 2024

Bharindo Lombok Utara – Dalam rangka menciptakan harkamtibmas yang kondusif, Kapolres Lombok Utara AKBP Didik Putra Kuncoro S.I.K, M. Si melaksanakan kunjungan dan silaturrahmi dengan tokoh agama Budha Kabupaten Lombok Utara bertempat di Vihara Budhi Dharma Dusun Karang Lendang Desa Bentek Kecamatan Gangga, Lombok Utara. Rabu 15/11/2023

Sehubungan dengan kegiatan tersebut, Kapolres Lombok Utara AKBP Didik Putra Kuncoro S.I.K, M. Si yang di dampingi langsung oleh Kasat Intelkam Iptu I Ketut Artana SH, Kasat Binmas AKP I Made Susila Artana SH, dan Kapolsek Gangga IPTU Sugijaya SH, ke tokoh agama Budha di Vihara Buddi Dharma , langsung di sambut hangat para tokoh agama Budha diantaranya oleh Bapak Sutranto Sh, selaku Ketua Permabudhi Kabupaten Lombok Utara dan saudara Rusdianto M.Si. selaku Ketua Magabudhi Kabupaten Lombok Utara, dan tokoh agama Romo Juna dengan di hadiri Perwakilan MBI KLU, Patria (pemuda terawadha Indonesia), Hikmah Budhi (Himpunan Mahasiswa Budhis Indonesia), Wandani (wanita Terawadha Indonesia) dan Tokoh umat budha yang ada di Dusun Karang Lendang.

Dalam kesempatan tersebut Kapolres menyampaikan terimakasih atas sambutan dari para tokoh setempat serta menyampaikan bahwa kedatangan beliau bersama anggotanya dengan tujuan untuk menjalin dan mempererat tali silaturahmi dengan masyarakat setempat, serta cooloing system mengingat Tahapan Pemilu sudah berjalan sehingga Intensitas Politik mulai meningkat.

Dalam sambutannya Kapolres menyampaikan “saya selalu menanamkan kepada jajaran, bahwa seluruh masyarakat itu sama, tidak ada yang mayoritas dan minoritas, akan tetapi point utamanya yaitu kehadiran Polri di tengah-tengah masyarakat yang utama, untuk bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat, dan memberikan solusi terhadap suatu permasalahan yang di alami oleh masyarakat secara kekeluargaan atau Restoratif Justice tanpa menyakiti hati masyarakat” ucapnya

Kapolres berharap jika ada permasalahan yang terjadi di masyarakat, agar bisa di komunikasikan dan di koordinasikan dengan pihak Kepolisian, dan kedepannya Polres Lombok Utara bisa menjadi percontohan bagi Polres lain khususnya di bidang moderasi beragama, mengingat Kabupaten Lombok Utara memiliki 3 agama baik Islam, hindu dan budha yang selama ini kerukunannya sangat tinggi sehingga keributan yang berbau Sara hamper tidak pernah terjadi.

Dan terkait situasi pada tahapan Pemilu saat ini, saya memohon kepada masyarakat untuk bersama-sama mengawasi pihak Kepolisian Polres Lombok Utara yang terkesan tidak netral, Kami Kepolisian berkomitmen akan memegang teguh Netralitas. Dan untuk umat budha maupun umat yang lainnya, agar tidak menggunakan tempat ibadah sebagai sarana lokasi kampanye guna menjaga kondusifitas wilayah.

Dan di akhir sambutannya Kapolres menyampaikan harapan agar seluruh umat budha di Kabupaten Lombok Utara bisa menjadi Pelopor untuk bersama-sama dalam menjaga kerukunan antar umat beragama dan harkamtibmas di wilayah Kabupaten Lombok Utara mengingat Intensitas Politik sudah mulai meningkat, biarpun beda pilihan kita semua harus tetap menjaga kerukunan dan silaturahmi sehingga terwujudnya pemilu aman dan damai tegasnya. (bdsm***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.