Mei 29, 2024

Bharindo Gorontalo – Bertempat di Aula Titinepo Polda Gorontalo, Irwasda Polda Gorontalo Kombes Pol. Edward P. Sirait memimpin langsung pengambilan sumpah dan penandatanganan pakta integritas penerimaan sekolah inspektur polisi sumber sarjana (SIPSS) T.A. 2024, Selasa (16/01/2024).

Dalam pelaksanaan kegiatan turut dihadiri oleh Ketua Tim seleksi, Panitia Seleksi, peserta sekolah inspektur polisi sumber sarjana (SIPSS), orangtua, serta pihak internal dan eksternal. Adapun pada tahun 2024 jumlah peserta seleksi SIPSS dari Polda Gorontalo sebanyak 7 (tujuh) orang yang terdiri dari 5 (lima) pria dan 2 (dua) wanita.

Irwasda Polda Gorontalo saat memimpin langsung penandatanganan pakta integritas menyampaikan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk komitmen Polri dalam rangka mewujudkan proses seleksi pendidikan pembentukan Polri yang bersih, transparan, akuntabel dan humanis (BETAH).

“Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa dinamika perkembangan lingkungan strategis yang berjalan pesat saat ini dipengaruhi oleh kemajuan teknologi informasi yang berubah sangat cepat. Hal ini tentunya akan membawa dampak kepada meningkatnya kompleksitas permasalahan dimasa yang akan datang dan pastinya akan mempengaruhi situasi keamanan dan ketertiban masyarakat, dan Polri sebagai salah satu dari lembaga negara yang mempunyai peran, tugas, dan tanggung jawab di bidang kamtibmas perlu mengantisipasi hal tersebut dengan melakukan penguatan organisasi, salah satunya melalui manajemen sumber daya manusia yang optimal,” terangnya.

Lebih lanjut dikatakannya, guna mewujudkan manajemen sumber daya manusia yang optimal, Kapolri telah membuat kebijakan melalui program Presisi, dimana didalam salah satu misinya yaitu mewujudkan pemberdayaan sumber daya manusia polri yang profesional dan kompeten.

“Menindaklanjuti hal tersebut, maka SSDM Polri melakukan pembenahan dan penguatan khususnya dalam seleksi pendidikan pembentukan Polri. Adapun salah satu bentuknya adalah melalui kegiatan pengambilan sumpah dan penandatanganan pakta integritas yang dilakukan pada hari ini.

“Kegiatan pengambilan sumpah dan penandatangan pakta integritas ini merupakan komitmen yang harus kita pegang teguh sebagai bentuk tanggung jawab kita baik kepada organisasi maupun kepada Tuhan Yang Maha Esa. kegiatan ini jangan hanya dijadikan sebagai suatu kegiatan rutinitas seremonial semata yang tidak memiliki nilai apa – apa, karena melalui kegiatan ini insya Allah akan menjadi salah satu pondasi pembenahan organisasi Polri yang semakin profesional, dimasa yang akan datang,” ucapnya.

Adapun tahapan seleksi yang harus dilaksanakan oleh para peserta seleksi SIPSS ta. 2024 antara lain :
1. pemeriksaan administrasi;
2. pemeriksaan kesehatan i;
3. tes psikologi i
4. cat uji tkk aspek pengetahuan;
5. uji jasmani dan antropometri;
6. pemeriksaan kesehatan ii;
7. pmk;
8. administrasi akhir.

“Seluruh tahapan seleksi dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh panitia pusat dan tetap mengedepankan prinsip BETAH (bersih, transparan, akuntabel, dan humanis). Pembenahan sistem seleksi pendidikan pembentukan Polri yang semakin baik ini harus dijadikan sebagai motivasi bagi para peserta seleksi sekalian dalam mengikuti proses kegiatan seleksi yang akan dilakukan nanti. Jangan lagi memiliki mindset atau pola pikir bahwa budaya – budaya negatif yang ada dalam proses seleksi masih dapat dilakukan. Jangan lagi mudah percaya kepada siapapun atau pihak manapun yang bisa menjanjikan untuk dapat meluluskan pada proses seleksi ini dan apabila ada anggota Polri/Pns Polri atau panitia yang menjanjikan atau memberikan jasa untuk bisa meluluskan peserta pada seleksi ini, agar dapat dilaporkan kepada panitia pengawas eksternal dan pengawas internal yang diawaki oleh Itwasda dan Bidpropam Polda Gorontalo,” tegasnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Irwasda Polda Gorontalo menekankan kepada seluruh peserta seleksi SIPSS T.A 2024 agar menumbuhkan kepercayaan pada kemampuan diri masing-masing, dan yakinlah bahwa dengan melakukan persiapan yang matang akan menjadi modal besar bagi kalian dalam menghadapi seleksi sehingga dapat lulus dan lolos mengikuti pendidikan. Perbanyaklah berdo’a karena semua yang terjadi di dunia ini tidak lepas dari kuasa Tuhan Yang Maha Esa.

“Kepada panitia penyelenggara seleksi SIPSS T.A 2024 agar melaksanakan tahapan seleksi ini secara profesional dan memegang teguh komitmen serta sumpah yang telah diucapkan. Jangan melakukan tindakan – tindakan yang dapat menciderai komitmen yang sudah kita buat bersama ini,” punkasnya (pls***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.