Juli 21, 2024

Bharindo Jakarta – Kepala Badan Intelijen Keamanan (Kabaintelkam) Polri Komjen Pol Suntana M.Si akan terus memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dalam pengurusan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). Hal itu disampaikan pada saat launching “Buku Hasil Survei Kepuasan Masyarakat Layanan SKCK Tingkat Polres Tahun 2023” di Hotel Arion Suites Hotel Kemang, Jakarta ,Selasa (12/12/2023).

“Survei untuk mengetahui tingkat kinerja unit pelayanan SKCK dengan tujuan akhir yang hendak dicapai menyediakan pelayanan yang lebih baik, efektif dan efisien berbasis kebutuhan masyarakat,” kata Suntana dalam sambutannya yang dihadiri pejabat utama Mabes Polri, KemenPANRB, Ombudsman dan peneliti dari Universitas Syiah Kuala.

Suntana mengatakan survei dilakukan oleh pihak eksternal yaitu Pusat Studi Ilmu Universitas Syiah Kuala dengan sasaran pada 16 unit pada satuan Intelkam di Polda Aceh, Sumut, Sumsel, Riau, Kepri, Bengkulu, Jambi, Sumbar, Babel, Metro Jaya, Jabar, Jateng, Jatim, Bali, Sulsel dan Kaltim. Jenderal bintang tiga ini menegaskan bahwa survei dilakukan sejalan dengan arah kebijakan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk meningkatkan pelayanan publik Polri menuju polisi yang prediktif, responsibilitas, transparansi berkeadilan (Presisi).

Baintelkam Polri sambungnya, telah mengimplementasikan melalui sistem pelayanan berbasis teknologi informasi modern dengan perangkat dan sistem registrasi SKCK Online baik di tingkat Mabes Polri sampai dengan Polsek.

“Saya selaku Kabaintelkam berharap agar hasil survei kepuasan masyarakat dapat dijadikan sebagai tolak ukur keberhasilan pelayanan SKCK kepada masyarakat, serta dijadikan motivasi memperbaiki kualitas pelayanan publik pada masing-masing unit layanan kepolisian,” ucap Suntana.

Suntana berharap kepada unit layanan yang memperoleh nilai kepuasan yang baik untuk dapat mempertahankan dan meningkatkan kinerjanya. Sementara kepada yang mendapatkan nilai kepuasan pelayanan masih rendah agar berbenah diri dan melakukan evaluasi terhadap standar kinerja untuk menjadi lebih baik.

Untuk diketahui dari hasil survei kepuasan masyarakat pada layanan SKCK yang mendapatkan rangking teratas yaitu, pertama Polresta Denpasar, kedua Polres Takalar dan ketiga Polres Cirebon Kota. (ils78***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.