Juli 21, 2024

Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan mengatakan bahwa rakor ini dilakukan untuk memastikan kelancaran arus mudik dan balik Lebaran 2024. Aan mengapresiasi kinerja seluruh stakeholder dalam pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, yang dinilai menjadi acuan penting untuk persiapan mudik Lebaran mendatang.

“Kita bisa mengelola arus mudik wisata selama libur Natal tahun baru bisa berjalan dengan baik,” kata Aan.

Meski demikian, Aan juga menekankan bahwa masih ada beberapa catatan yang harus diperbaiki untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Karena Natal ini, tahun baru kemarin latihan kita gladiresik kita mempersiapkan cara-cara bertindak yang harus dilakukan ketika volume arus lalu lintas ini ada peningkatan, ini dijadikan evaluasi kita semua kekurangan,” ungkap Aan.

Berdasarkan hasil survei Kementerian Perhubungan, diprediksikan akan ada kenaikan animo masyarakat untuk mudik dan berwisata pada Lebaran 2024, yaitu sekitar 5-6% dibandingkan tahun 2023.

“Ingat pernyataan Pak Presiden pada saat libur Idulfitri tahun lalu, musim mudik tahun lalu, beliau menginginkan tindakan yang kita lakukan harus tindakan yang luar biasa ya. Tidak biasa-biasa saja,” ujar Aan.

Oleh karena itu, Korlantas Polri dan stakeholder terkait berkomitmen untuk melakukan berbagai langkah persiapan, termasuk melakukan survei dan pemetaan jalur mudik, meningkatkan koordinasi antar instansi, mempersiapkan infrastruktur dan sarana prasarana, menambah personel di lapangan dan melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat

Pada kesempatan ini, Korlantas Polri dan stakeholder terkait juga melakukan penandatanganan Surat Keputusan Bersama (SKB) tentang Pengelolaan Transportasi Selama Libur Idulfitri Tahun 2024. SKB ini diharapkan dapat menjadi pedoman bagi semua pihak dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya masing-masing.

Diharapkan dengan persiapan yang matang, arus mudik dan balik Lebaran 2024 dapat berjalan dengan lancar, aman, dan nyaman bagi seluruh masyarakat.

Kegiatan rakor ini dihadiri oleh Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan, Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat (Hubdar) Kementerian Perhubungan Hendro Sugiatno, Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian, Direktur Utama (Dirut) Jasa Raharja Rivan A. Purwantono, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Miftachul Munir, Dirut PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan Indonesia Ferry (Persero) atau ASDP Ira Puspadewi. (Ils78***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.