Juni 20, 2024

Bharindo Semarang,- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (PNPB) mengerahkan petugas gabungan reaksi cepat, untuk menangani banjir di Semarang, Jawa Tengah. Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan, tim diterjunkan agar penanganan banjir dilakukan cepat.

“Kami pastikan penanganan dampak banjir di Semarang tengah dilakukan secara cepat dan tepat. Hal ini dilakukan mengurasi risiko yang makin besar terhadap masyarakat,” kata Abdu dalam keterangan pers, Kamis (14/3/2024).

Abdul menambahkan, selain itu, pemerintah juga mendirikan posko darurat sejak Rabu pekan ini. Posko darurat tersebut memfasilitasi logistik, dapur umum, hingga pusat komunikasi.

“Posko darurat ini didirikan di Jalan Pemuda, Balai Kota Semarang. Pemerintah juga mengoperasikan dua unit mesin pompa portable untuk mengurangi volume air banjir,” ujarnya.

Ia memastikan, pompa air terus dioperasikan untuk menyedot genangan air yang terpusat di Jalan Gebanganom Raya. BNPB juga melakukan evakuasi warga, dari rumah yang terdampak banjir cukup parah.

“Proses evakuasi warga terus kami lakukan khususnya rumah yang terdampak banjir cukup parah. Ini dilakukan oleh tim gabungan reaksi cepat,” ucap Abdul.

Banjir masih melanda sebagian besar wilayah Kota Semarang. Ketinggian air mencapai 15 sampai 80 sentimeter, dan peristiwa ini telah melumpuhkan arus lalu lintas di kota tersebut. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.