Juni 15, 2024

Bharindo Jakarta,- Tim Hukum Nasional (THN) pasangan calon presiden nomor urut 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) resmi menggugat hasil Pilpres 2024 ke Mahkamah Konstitusi (MK). Dari pantauan RRI.co.id, terlihat tim hukum AMIN membawa tumpukan berkas gugatan ke MK, Kamis (21/3/2024).

Dari laman resmi MK, gugatan tersebut teregistrasi dengan nomor 01-01/AP3-PRES/Pan.MK/03/2024. Tercatat dengan pokok perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2024.

Turut hadir dalam pendaftaran gugatan tersebut, Kapten Timnas AMIN Muhammad Syaugi, Co-Captain Timnas AMIN Thomas Trikasih Lembong atau Tom Lembong. Kemudian, advokat sekaligus Dewan pakar tim hukum nasional AMIN, Eggi Sudjana.

“Alhamdulillah hari ini kami resmi mendaftarkan ke MK melalui online jam 1 malam. Kami beserta tim hukum didampingi Kapten Timnas Syaugi,” kata anggota tim hukum AMIN, Ari Yusuf Amir dalam keterangannya, di Gedung MK, Jakarta, Kamis (21/3/2024).

Dia mengatakan, kehadiran langsung itu untuk melengkapi berkas kepada MK. “Alhamdulillah diterima dengan baik dan cukup profesional, Insya Allah proses persidangan akan berjalan,” katanya.

Dia meyakini, bukti-bukti dan saksi yang ada sudah lengkap dan matang untuk mendaftarkan gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) 2024 ke MK. Dia memastikan, pihaknya sudah menyiapkan hal tersebut dalam waktu satu bulan.

“Insya Allah kajiannya sangat matang dan permohonan di MK ini kami lengkapi dengan bukti-bukti yang cukup meyakinkan. Saksi-saksi juga yang sudah kami siapkan insyaallah cukup meyakinkan,” katanya, mengungkapkan.

Diketahui, KPU telah menetapkan pasangan calon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan Presiden-Wakil Presiden terpilih pada Pemilu2024. Penetapan ini tertuang dalam Keputusan KPU RI Nomor 360 Tahun 2024 tentang Penetapan Hasil Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, DPR, DPD, dan DPRD.

Pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka meraih 96.214.691 suara, sedangkan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memperoleh 40.971.906 suara. Sementara, pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md mendapatkan 27.040.878 suara. (Ils78***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.