Juli 25, 2024

Bharindo Jakarta – Daun saga atau yang dikenal juga dengan Rosary Pea merupakan salah satu jenis tanaman polong dengan ciri-ciri daun berbentuk kecil, majemuk dan bersirip ganjil.

Tanaman ini juga memiliki buah polong berwarna merah dengan bintik hitam, dan bunga berwarna ungu muda. Daun saga merupakan salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Hampir semua bagian dari tanaman saga memiliki khasiat untuk kesehatan, termasuk daunnya. Jika dilihat sekilas, daun saga tampak mirip dengan daun kelor.

Dilansir dari berbagai sumber, Jumat (8/12/23), berikut sederet manfaat daun saga bisa digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, antara lain:

1. Mencegah infeksi bakteri

Salah satu manfaat daun saga adalah mencegah dan mengatasi infeksi bakteri. Manfaat ini tentunya berasal dari sifat antibakteri yang dimilikinya.

Beberapa jenis bakteri yang diyakini bisa diatasi oleh daun saga adalah bakteri E. coli, Staphylococcus aureus, Pseudomonas aeruginosa, dan Streptococcus anginosus.

Selain itu, daun saga juga diketahui dapat mencegah pertumbuhan bakteri Streptococcus mutans, yaitu bakteri yang sering ditemui di dalam mulut dan menjadi penyebab utama gigi berlubang.

2. Mengobati sariawan

Daun saga juga sering digunakan sebagai obat herbal untuk mengobati sariawan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa khasiat ini berasal dari kandungan saponin di dalam daun saga yang dapat mempercepat penyembuhan berbagai kondisi akibat peradangan, salah satunya sariawan.

3. Mengatasi migrain

Migrain merupakan jenis sakit kepala yang disertai dengan rasa berdenyut dan hanya terjadi pada salah satu sisi kepala. Hingga saat ini, penyebab migrain masih belum diketahui secara pasti. Namun, salah satu kondisi yang diduga memicu terjadinya migrain adalah meningkatnya kadar hormon serotonin di dalam tubuh.

Daun saga diketahui dapat mengatasi migrain akibat tingginya kadar hormon serotonin. Hal ini karena daun saga memiliki sifat antiserotonin yang dapat membantu menurunkan kadar hormon tersebut sehingga migrain bisa menghilang dengan cepat.

Namun demikian, manfaat daun saga yang satu ini masih perlu diteliti lebih lanjut efektivitasnya. Oleh karena itu, jika Anda mengalami migrain sebaiknya konsultasikan ke dokter.

4. Menurunkan kadar gula darah

Sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan percobaan menunjukkan bahwa efek antidiabetes yang dimiliki daun saga dapat menurunkan kadar gula darah. Berkat penelitian tersebut, tanaman ini juga digadang-gadang bisa menurunkan kadar gula darah pada manusia dan mencegah terjadinya penyakit diabetes tipe 2.

Manfaat tersebut juga didukung oleh penelitian lainnya yang menyebutkan bahwa daun saga bisa meningkatkan kinerja hormon insulin yang berfungsi untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil.

5. Mengontrol tekanan darah

Tanaman herbal seperti daun saga mengandung banyak antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan pembuluh darah. Beberapa riset pun menunjukkan bahwa kandungan antioksidan ini bermanfaat untuk membantu menurunkan tekanan darah dan menjaganya tetap stabil.

Tak hanya mengonsumsi daun saga, Anda juga perlu menjalani pola hidup sehat, seperti rutin olahraga, berhenti merokok, dan membatasi asupan garam dan gula, untuk mengontrol tekanan darah.

6. Mengatasi penyakit maag

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun saga dapat mengatasi penyakit maag dengan cara menurunkan kadar asam lambung di dalam perut. Manfaat yang satu ini diduga berasal dari berbagai kandungan antioksidan di dalam daun saga, terutama flavonoid.

Berkurangnya kadar asam lambung di dalam perut akan membuat berbagai gejala penyakit maag, seperti mual, kembung, dan sakit perut, menghilang dengan cepat.

Namun, jika keluhan sakit maag tidak kunjung membaik atau justru menjadi makin parah setelah mengonsumsi daun saga, sebaiknya hentikan penggunaan daun herbal ini dan segera konsultasikan ke dokter. (azs***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.