Juni 20, 2024

Bharindo Pegunungan Bintang ~ Sadar akan kondisi warganya yang membutuhkan bantuan, Pos Batom Satgas Yonif 310/KK bantu bersihkan rumah Pontius Taplo (62) seorang kakek yang hidup sendirian tanpa keluarga di Kampung Batom 2, Distrik Batom, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Rabu (17/4/2024).

Hal tersebut disampaikan oleh Dansatgas Yonif 310/KK Letkol Inf Andrik Fachrizal dalam keterangan tertulisnya secara terpisah di Makotis (Markas Komando Taktis) di Distrik Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang.

Dikatakan Dansatgas, kegiatan yang dilakukan pihaknya merupakan bentuk kepedulian personil Satgas terhadap warga sekitar. Karena dengan kehadirannya, Satgas Yonif 310/KK ingin memberikan manfaat dan dampak positif yang langsung dapat dirasakan oleh masyarakat di perbatasan.

“Kondisi Pontius Taplo yang sudah tua dan sakit-sakitan membuat dirinya tidak mempunyai waktu dan tenaga untuk menjaga kebersihan rumahnya. Dirasa kami perlu mengambil langkah aktif untuk membantunya,” terang Dansatgas.

Menurut Letkol Inf Andrik Fachrizal, manfaat penting dari menjaga kebersihan rumah dan lingkungan antara lain terhindar dari penyakit yang disebabkan lingkungan yang tidak sehat. Dengan lingkungan yang sehat, kita tidak akan mudah terserang berbagai penyakit seperti demam berdarah, malaria, muntaber dan lainnya.

Lanjut diungkapkan, Pontius Taplo (62) seorang duda yang memiliki satu orang anak yang sudah berkeluarga dan bekerja di Sentani-Jayapura. Kondisi dirinya sering sakit-sakitan sehingga tidak bisa melakukan aktivitas berat.

Sementara itu, Danpos (Komandan Pos) Batom Letda Inf Eko Effendi menambahkan bahwa dirinya merasa prihatin dengan kondisi Pontius. Beserta personil Satgas, dirinya membersihkan lingkungan rumah mulai dari bagian luar dan dalam serta membuang sampah-sampah yang dapat menjadi sarang penyakit.

“Kami ingin ciptakan suasana rumah lebih bersih dan asri, sehingga Bapak Pontius bisa menikmati hari-harinya dengan nyaman,” tambah Letnan Eko.

Pontius Taplo (62) sangat terharu dengan apa yang dilakukan personil Satgas Yonif 310/KK, dirinya pun tidak lupa mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan.

“Saya tidak menyangka Anak (personil satgas) akan datang kesini dan bersihkan rumah saya. Saya sudah menolak agar tidak dibersihkan karena saya merasa tidak mampu menyediakan makanan untuk mereka walaupun hanya sekedar air minum. Tapi mereka terus saja membersihkan rumah saya. Terima kasih Anak, kalian sangat baik sekali,” tutur Pontius. (Ss***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.