Mei 29, 2024

Bharindo Keerom ~ Melihat kondisi masyarakat di perbatasan yang cenderung kurang memperhatikan kualitas kesehatannya, Pos Kalipao Satgas Yonif 310/KK berkeliling kampung berikan pelayananan kesehatan gratis kepada warga Kampung Yuwainda, Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Papuan, Kamis (18/4/2024).

Hal tersebut disampaikan oleh Dansatgas Yonif 310/KK Letkol Inf Andrik Fachrizal dalam keterangan tertulisnya secara terpisah di Makotis (Markas Komando Taktis) di Distrik Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang.

Dikatakan Dansatgas, bahwa pihaknya yang berada di Pos Kalipao berkeliling kampung secara door to door memberikan pelayan kesehatan bagi warga yang membutuhkan. Selain itu juga tenaga kesehatan dari pos tersebut mengedukasi masyarakat tentang bagaimana menjaga kesehatan baik untuk dirinya sendiri maupun keluarganya.

“Saya berharap dengan adanya kegiatan ini, masyarakat Kampung Yuwainda semuanya sehat dan semangat dalam mejalani aktivitasnya. Tidak menutup kemungkinan dengan apa yang telah kita lakukan, masyarakat menjadi lebih dekat dan terbuka kepada anggota TNI,” terang Dansatgas.

Lanjut diungkapkan, kegiatan pelayanan kesehatan ini rutin dilakukan guna membantu masyarakat dalam penyediaan sarana dan prasarana pengobatan, sehingga meringankan beban masyarakat dengan segala keterbatasan yang mereka hadapi.

Dalam pelaksanaannya, personil Satgas dipimpin oleh Danpos (Komandan Pos) Serma Ahmad Mu’minin, dirinya berserta tim kesehatan Pos Kalipao menempuh jarak 3,5 KM dengan berjalan kaki untuk menuju ke Kampung Yuwaida. Lebih kurang 30 warga diperiksa kesehatannya dan langsung mendapatkan penanganan jika didapati ada warga yang menderita sakit.

“Jauhnya fasilitas kesehatan yang tersedia di wilayah perbatasan, mendorong inisiatif kami untuk langsung mendatangi rumah-rumah penduduk. Selain itu kami pun menghimbau, jika masyarakat membutuhkan pelayanan kesehatan agar datang ke Pos, kapan pun kami siap melayani,” tambah Letkol Inf Andrik Fachrizal.

Disisi lain, Robin Pasebo (50) selaku tokoh masyarakat mengucapkan terima kasihnya kepada personil Satgas Yonif 310/KK yang telah memberikan pelayanan kesehatan gratis bagi warga Kampung Yuwainda.

“Anak-anak TNI (personil satgas) sangat baik dan perhatian sekali kepada warga disini, mereka rela berjalan jauh hanya untuk mengunjungi kami dan berikan pengobatan. Saya berdoa, mereka selalu diberkati Tuhan dalam melaksanakan tugasnya,” tutur Robin. (Ss***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.