Juni 20, 2024

Bharindo Sungailiat – MTQH Ke XII Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung secara resmi dibuka oleh PJ. Gubernur Bangka Belitung Safrizal ZA yang bertempat di halaman utama Kantor Bupati Bangka, Minggu (26/11/2023).

Pembukaan MTQH diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Alqur’an yang dilantunkan oleh Qori asal medan almukarom ustad H. Darwin Hasibuan, dan dilakukan pemukulan beduk yang dilakukan oleh PJ. Gubernur Bangka belitung.

PJ. Bupati Bangka M. Haris dalam sambutannya pada kegiatan ini mengatakan, selamat datang kepada seluruh khafilah yang terdiri enam kabupaten dan satu kota yang ada di bangka belitung.

“saya mengucapkan selamat berkompetisi tunjukkan segenap kemampuan saudara saudara semaksimal mungkin sehingga hasil yang diperoleh dapat terwujud sesuai yang diharapkan. Suadara saudara adalah insan terbaik dan saya yakin memiliki potensi yang luar biasa,” kata Haris.

Kegiatan MTQH ini dilaksanakan kurang lebih enam hari dari tanggal 26 november hingga 1 desember 2023. Pelaksanaan MTQH ini juga menjadi seleksi untuk mencari khafilah terbaik yang akan mewakili provinsi bangka belitung untuk mengikuti MTQH tingkat nasional.

Adapun cabang cabang lomba yang akan dipertandingkan dalam MTQH tingkat provinsi ini adalah tilawah dan qira’at, hifzhil dan tartil,  fahmil quran dan hadist, tafsir dan KTIQ, serta kaligrafi.

Pemerintah Kabupaten Bangka dalam rangkaian dari MTQH ke XII ini menghadirkan BAZAR UMKM, guna mempercepat pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat. “bagi khafilah dan seluruh masyarakat dipersilahkan mengunjungi stand stand UMKM tersebut, mari kita meriahkan bersama kegiatan MTQH ini,” beber Haris.

Sementara itu PJ. Gubernur Safrizal dalam arahannya pada kegiatan ini mengatakan, salah satu program pembangunan dibidang agama adalah meningkatkan pemahaman dan pengembangan nilai nilai agama melalui MTQH.

“saya mengharapkan generasi muda yang terlibat dalam kegiatan MTQH ini semakin memahami betul betul tentang isi dan makna, serta kandungan dari pada al-qur’an tersebut. Selain itu pula saya berharap kegiatan ini tidak semata mata wahana untuk berlomba lomba membaca al-qur’an akan tetapi mari kita mengedukasi umat untuk terus semakin mencintai dan membumikan al-qur’an sampai dengan tingkat kehidupan masyarakat yang paling bawah,” ungkap PJ. Gubernur pada awak media Bharindo.

“MTQH ini diharapakan dapat meningkatkan kesadaran beragama yang lebih humanis dan terbuka selain juga sebagai bentuk dakwah untuk menyempurnakan akhlak kaum muslimin dan muslimah,” tutur Safrizal.

Pada kesempatan ini juga PJ. Gubernur memberikan apresiasi kepada pemerintah kabupaten bangka sebagai tuan rumah yang telah mempersiapkan semuanya sehingga kegiatan ini dapat dilaksanakan sesuai waktu yang telah ditetapkan.

Acara pembukaan MTQH ke XII tingkat provinsi ini dihadiri oleh Sekda Prov. Babel, Sekda Bangka, Kepala OPD dilingkungan pemkab bangka, Ketua DPRD Kab. Bangka, camat, lurah, pimpinan pondok pesantren se-provinsi, Pj. Walikota pangkalpinang, Dewan Hakim, Ketua Kemenag Kab. Bangka, toko ulama, toko masyarakat, para khafilah dan para tamu undangan lainnya. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.