Maret 5, 2024

Bharindo Garut – Menghadapi perayaan Natal 2023 dan libur Tahun Baru 2024, Polres Garut menyelenggarakan apel gelar pasukan Operasi Lilin Lodaya 2023 di Lapang Apel Polres Garut. Kamis (21/12/2023).

Apel kesiapan pengamanan tersebut di pimpin oleh Wakil Bupati Garut dr. Helmy Budiman dan di hadiri oleh unsur Muspida Garut serta di ikuti oleh ratusan personel gabungan dari Denpom III/2 Garut, Kodim 0611 Garut, Brimob, Polres Garut, Satpol PP, Dinas Perhubungan Garut, Dinas Kesehatan Garut, BPBD Garut, PMI Garut, perwakilan OKP dan Ormas serta Saka Bhayangkara Polres Garut.

Operasi Lilin Lodaya 2023 yang di gelar Polres Garut tersebut di selenggarakan selama 12 hari, mulai 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024 dengan melibatkan ratusan personel gabungan TNI-Polri, Dinas terkait, OKP, Ormas dan elemen masyarakat lainnya serta di dukung oleh sejumlah Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan yang di gelar di beberapa lokasi.

Menyikapi peningkatan mobilitas warga selama perayaan natal dan libur tahun baru, Kapolres Garut AKBP Rohman Yonky Dilatha, S.I.K., M.SI., mengatakan jajarannya telah menyiapkan upaya antisipasi untuk menjaga situasi kamtibmas dengan menyiagakan sejumlah personel Polri di beberapa lokasi yang berpotensi menimbulkan kemacetan arus Lalulintas, tempat keramaian dan obyek wisata.

“Tentunya untuk mobilitas penduduk akan ada peningkatan, baik dari arah Bandung maupun Tasikmalaya, karena kita tahu bahwa Garut salah satu destinasi untuk berlibur, tapi semua sudah kita antisipasi, baik di jalur maupun dari personel yang kita siapkan,” sebutnya.

“Kita mengimbau kepada masyarakat yang akan melaksanakan liburan, apabila liburannya jauh dan butuh waktu yang lama, untuk menginformasikan kepada pihak Kepolisian, sehingga bisa kita pantau untuk keamanannya dan juga pada saat di jalan, apabila merasa ngantuk atau kurang fit, jangan di paksakan untuk berkendara karena akan berakibat kecelakaan.” Ujar Yonky.

Lanjut Yonky, di Pos Terpadu GTC Polres Garut telah menyiapkan Rest Area yang bisa di gunakan para pengendara untuk istirahat. Selain tempat istirahat Pos GTC ini telah di lengkapi dengan taman bermain anak dan Masjid.

Untuk jalur yang kemungkinan nanti ada trouble spot, akan di lakukan rekayasa seperti buka tutup atau one way dan pengalihan arus.

Selain pengamanan pada jalur utama, Polres Garut juga mengamankan obyek obyek wisata dan juga Gereja yang ada di Kabupaten Garut.

“Secara keseluruhan kami sudah siap dalam mengamankan Perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.” Imbuh Yonky.

Sementara itu, Wakil Bupati Garut, mengatakan, seluruh unsur Forkopimda Garut siap bekerjasama dengan Polri untuk mengamankan perayaan natal 2023 dan tahun baru 2024.

“Dari beberapa waktu yang lalu kita sudah mempersiapkan itu dengan forkopimda bersama jajaran Kodim, Dishub, Pemda sendiri, Badan Penanggulangan Bencana dan seluruh Stake Holder terkait untuk mengamankan perayaan natal dan tahun baru.” kata Helmy. (Bds***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.