Juni 15, 2024

Bharindo Wonosobo, – 8 Februari 2024 – Jelang Pemilu 2024, Polres Wonosobo menggelar Apel Persiapan Pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan Penyerahan Perlengkapan Perorangan dan Lapangan (Kaporlap) untuk 325 personel pengamanan TPS. Apel yang dilaksanakan di halaman Mapolres stepat pada Kamis (8/02) pagi tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Wonosobo AKBP Donny Lumbantoruan.

Dalam arahannya, Kapolres Wonosobo menjelaskan bahwa apel ini bertujuan untuk memastikan kesiapan personel dan perlengkapan dalam menjaga keamanan dan kelancaran proses pemungutan suara.
Pada kesempatan yang sama, Kapolres Wonosobo juga menyerahkan secara simbolis Kaporlap kepada perwakilan personel pengamanan TPS. Kaporlap tersebut meliputi tas dan rolling bed. Nantinya personel pengamanan TPS diharapkan segera melengkapi diri dengan berbagai keperluan perorangan lainnya seperti senter, rompi, jas hujan dan tongkat serta borgol.

Kapolres juga menekankan pentingnya netralitas dan profesionalisme personel dalam menjalankan tugas pengamanan. Personel diminta untuk selalu siaga dan waspada terhadap potensi gangguan keamanan selama proses pemungutan suara berlangsung.

“Laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, jaga netralitas dan profesionalisme Polri. Pastikan situasi di TPS aman dan kondusif,” tegas Kapolres.

Dijelaskan AKBP Donny, Polres Wonosobo akan menerjunkan 500 personel dalam pengamanan pemungutan dan penghitungan suara. Sejumlah 325 personel akan diterjunkan langsung untuk mengamankan 3.091 TPS di Kabupaten Wonosobo dengan pola pengamanan 2 polisi dan 32 Linmas untuk 16 TPS.

Usai pelaksnaan apel, Polres Wonosobo juga menggelar simulasi pengamanan proses pemungutan suara di TPS. Simulasi tersebut diharapkan dapat memberikan gambaran bagi para personel yang akan melaksanakan pengamanan pemungutan suara.
Simulasi tersebut disaksikan oleh jajaran forkopimda dan pejabat utama Polres Wonosobo yang juga menghadiri apel.

“Jaga soliditas dengan instansi lain, jaga netralitas dan kesehatan rekan-rekan selama pengamanan nanti, pedomani buku panduan pengamanan pemilu yang telah dibagikan, semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan bimbingan, kekuatan dan petunjukNya supaya kita bisa memberikan pengabdian terbaik kepada masyarakat, bangsa dan negaraa,” pungkas Kapolres. (Bdys***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.