Juli 21, 2024

Bharindo Garut – Dalam rangka mengantisipasi fenomena bencana alam dan upaya penanganan mitigasi, Polres Garut beserta Polsek jajaran melaksanakan patroli mitigasi bencana alam dan bersiaga dalam penanganan bencana alam di Kabupaten Garut.

Pada hari Kamis tanggal 30 November 2023 sekitar pukul 23.00 WIB, Perumahan Cassanova Desa Sirnajaya Kec. Tarogong kaler Kab. Garut mengalami bencana alam banjir.

Kapolres Garut AKBP Rohman Yonky Dilatha, S.I.K, M.Si, melalui Kapolsek Tarogong Kaler Iptu Sona Rahadian mengatakan volume air sungai naik dikarenakan intensitas hujan yang cukup lama dan saluran sungai yang tersumbat oleh sampah hingga mengakibatkan air sungai meluap tumpah ke area Perumahan warga Perum Cassanova Desa Sirnajya Kec. Tarogong Kaler Kab. Garut.

Luapan air sungai menyebabkan banjir menggenang ke beberapa unit rumah warga dan 1 unit Tempat pelayanan terpadu/TPT ambruk dengan panjang 3 meter, dari hasil assesment terdapat retakan ancaman terjadinya tanah longsor dengan panjang retakan ± 10 m, lebar ± Meter dalam retakan ± 2 Meter.

Anggota Polsek Tarogong Kaler bersama BPBD Kab. Garut dan masyarakat sekitar bersama-sama melaksanakan pembersihan material lumpur akibat dampak luapan air sungai.

“Kami menghimbau kepada masyarakat agar selalu waspada dengan potensi bencana alam dan menjaga saluran/selokan air di lingkungan supaya tidak terjadi sumbatan ataupun lapan ketika turunnya hujan. Kondisi terakhir air sudah surut dan material lumpur dampak luapan air sudah dibersihkan.”Imbuh Sona. (bds***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.