Juni 16, 2024

Jawa Timur (bharindo.co.id) – Pembina Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), Iriana Joko Widodo terpikat dengan produk komoditas Pisang Agung dan olahan Keripik Pisang Agung yang ditampilkan di Stand Pameran Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

“Alhamdulillah, beliau (Ibu Iriana Jokowi, red) dan Ibu Arumi Emil Dardak terpikat dengan Pisang Agung dan camilan kami, Keripik Pisang Agung karena ini memang keripik pisang, yang menggunakan pisang agung yang merupakan khas Kabupaten Lumajang,” ungkap Pj. Ketua Dekranasda Kabupaten Lumajang, Rahayu Agus Triyono saat diminta keterangan di sela kegiatan Kunker Pameran Produk Binaan Dekranasda se-Jawa Timur oleh Ibu Iriana Jokowi dan OASE KIM, di Surabaya Kriya Gallery (SKG), Kamis (26/10/2023).

Rahayu juga mengungkapkan, bahwa Kabupaten Lumajang terkenal dengan julukan Kota Pisang. Mengingat, Lumajang merupakan penghasil berbagai jenis pisang, dan yang paling terkenal adalah Pisang Agung.

Lanjut dia, karakteristik Pisang Agung sendiri memiliki batang yang berwarna merah dan ukuran buah yang lebih besar dibandingkan dengan jenis pisang lainnya, sehingga cocok untuk dijadikan olahan keripik pisang khas Lumajang.

“Karena potensi pisang agung di Kabupaten Lumajang sangat luar biasa, bahan bakunya melimpah, dan olahan hasil keripik yang diproduksi menggunakan pisang agung memberikan daya tarik tersendiri,” terang dia.

Rahayu mengharapkan, dengan kehadiran Ibu Iriana dan OASE KIM, maka produk-produk dekranasda, khususnya bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas dan bisa meningkatkan kemandirian para perajin.

“Harapannya, dengan adanya kunjungan maupun pameran produk ini, ke depannya produk dekranasda bisa lebih maju, lebih bisa dikenal, juga bisa lebih mandiri untuk memasarkannya,” harapnya.

Acara tersebut diikuti oleh Dekranasda dan pelaku UMKM di bawah naungan kabupaten/kota se-Jawa Timur. (kirawa***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.