Juni 15, 2024

Bharindo Mataram NTB – Seluruh satuan tugas pada Satgas Operasi Mantap Brata (OMB) Rinjani 2023-2024 Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat terus dan secara rutin melaksanakan apa yang telah menjadi tugas masing-masing dalam rangka Mensukseskan Pemilu Damai tahun 2024 dapat terwujud.

Salah satu satgas yang juga rutin menjalani tugas pokoknya yaitu Satgas Humas yang setiap harinya meski hanya di depan Meja dan didalam ruangan terus bekerja tanpa henti memantau kegiatan masyarakat yang berkaitan Pemilu 2024 melalui Media Sosial.

Salah satu tugasnya yaitu memantau dan menganalisa isu-isu yang berkembang terkait Pemilu 2024 di wilayah hukum Polda NTB baik melalui media sosial,media cetak media online maupun elektronik.
“Ini menjadi bagian dari tugas pokok kami sebagai Satgas Kehumasan dalam OMB Rinjani 2023-2024 dengan terus melakukan pemantauan serta melakukan analisa terkait semua isu yang berkembang di NTB khususnya yang berkaitan Pemilu 2024,”ungkap Kasatgas Humas OMB Rinjani 2023-2024 Polda NTB Kombes Pol Rio Indra Lesmana SIK., Selasa (09/01/2024).

Menurutnya, pemantauan dan analisa isu Pemilu 2024 tersebut bertujuan untuk dapat mengetahui isu yang tengah berkembang di masyarakat sehingga dampaknya diharapkan dapat segera menemukan langkah-langkah antisipasi.

Sejauh ini lanjutnya, isu yang berkembang di lokal NTB masih sama dengan isu yang berkembang di nasional yaitu berbagai tanggapan terkait debat ketiga Capres pemilu 2024. Namun dari hasil pemantauan ada juga isu lain terkait Pemilu 2024 yang berkembang di tingkat lokal seperti Isu Netralitas ASN di NTB dalam pemilu 2024.

Selain itu yang berhasil dirangkum oleh satgas Humas Polda NTB beberapa isu kegiatan sosialisasi KPU NTB dan beberapa isu penegakan hukum yang dilakukan Bawaslu NTB.

“Secara kuantitas isu pemilu yang berkembang baik lokal maupun nasional masih sangat dominan dalam pencarian keyword google, namun isu pengamanan yang dilakukan khususnya petugas kepolisian Polda NTB beserta jajaran masih minim,”tegas Rio sapaan akrab Kabid Humas Polda NTB yang juga menjabat sebagai Kasatgas Humas OMB Polda NTB ini.

Menurut Rio, kedepan Polda NTB dan jajaran akan terus melakukan penggalangan terhadap seluruh media yang ada di NTB baik lokal maupun nasional untuk menjalin kerjasama yang baik sehingga dapat menyajikan informasi positif terkait kegiatan Polda NTB dan jajaran dalam OMB Rinjani 2023-2024.

Selain terus memantau dan menganalisa isu yang berkembang, Satgas Humas OMB Polda NTB juga diharapkan terus melakukan dan menyuguhkan konten-konten kreatif di medsos dengan tujuan mengajak dan mengimbau masyarakat untuk menjaga kerukunan, memelihara silaturahmi serta menciptakan Kamtibmas di tengah masyarakat selama proses pemilu berlangsung.
“Karena perbedaan yang ada pada kita saat Pemilu nantinya bukan sebagai alasan kita untuk bercerai berai akan tetapi justru perbedaan itu akan menjadikan kita kuat dan berkembang,”ucapnya.

Terakhir Ia menegaskan bahwa Satgas Humas akan terus melakukan monitoring pada sebaran informasi dengan framing propaganda serta cipta opini negative baik pada Polri maupun pada salah satu pihak yang dapat berimplikasi pada munculnya gangguan Harkamtibmas di wilayah NTB baik yang dilakukan media Online maupun Media sosial. (Bdms***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.