Juni 24, 2024

Bharindo.co.id.majalengka – Memperingati Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2024, OSIS SMAN 1 Kadipaten bekerjasama dengan Cilemon Majalengka menghadirkan Kang Jejen dari Pusat Pembibitan Berkah Buana Mulia Majalengka untuk memberikan pelatihan pembuatan bibit jeruk lemon lokal melalui teknik okulasi. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pengurus OSIS, dari mulai pukul 08.30 WIB sampai dengan pukul 14.30 WIB di kebun belakang SMAN 1 Kadipaten.

Tujuan dari kegiatan ini adalah pemberian pengalaman belajar secara langsung dari praktisi pembibitan kepada peserta didik SMAN 1 Kadipaten, yang diwakili oleh para pengurus OSIS tentang bagaimana pembuatan bibit tanaman buah. Adapun pemilihan bibit jeruk lemon lokal yang dipelajarinya, disampaikan oleh Zhufa Evans sebagai ketua OSIS SMAN 1 Kadipaten, itu merupakan penguatan dari program inkubasi kewirausahaan yang sedang diikuti oleh OSIS SMAN 1 Kadipaten pada kegiatan kewirausahaan Sekolah Masagi Jawa Barat. Dimana OSIS SMAN 1 Kadipaten membuat produk minuman olehan jeruk lemon, seperti minuman lemon rempah dan lemon madu dalam program kewirausahaan tersebut, Harapannya paengurus OSIS SMAN 1 Kadipaten tidak hanya bias mengolah produk minuman lemon tapi juga paham dan bisa membuat bibit jeruk lemonnya dan menguasai juga teknik pemeliharaan pohon jeruk lemon.

Kegiatan inisiatif dari OSIS ini mendapatkan apresiasi dari Kepala SMAN 1 Kadipaten, Ibu Tita Rosita, M.Pd. Menurut beliau, kegiatan yang dilaksanakan oleh OSIS SMAN 1 Kadipaten ini sangat baik, sejalan dengan himbauan pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi tentang penyelenggaraan kegiatan untuk memeriahkan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024 dan Bulan Merdeka Belajar 2024 secara kreatif, menjaga dan membangkitkan semangat belajar, serta mendorong pelibatan dan partisipasi publik. Dengan dihadirkan Kang Jejen dari Pusat Pembibitan Berkah Buana Mulia Majalengka sebagai Narasumber pada kegiatan yang diselenggarakan oleh OSIS ini merupakan salah satu bentuk keterlibatan publik dalam kegiatan pembelajaran di SMAN 1 Kadipaten. Ini serupakan sebuah terobosan yang inovatif dari OSIS SMAN 1 Kadipaten.

Endin Hardianto, S.Pd selaku Pembina OSIS menambahkan bahwa kegiatan ini bukan hanya dilaksanakan pada saat ini saja, tetapi akan dilanjutkan lagi ke pelatihan-pelatihan lainnya, seperti pembuatan pupuk organik untuk tanaman jeruk lemon, pengolahan hasil pasca panen jeruk lemon, dan teknik pemasaran minuman sari lemon. Pelatihan-pelatihan ini semuanya akan di support oleh UMKM Cilemon Majalengka.(Yet’s).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.