Mei 28, 2024

Bharindo Jakarta,-  Mantan Komisioner KPK, Busyro Muqqoddas memberikan saran terkait calon panitia seleksi pimpinan dan Dewas KPK 2024-2029. Ia menyarankan agar pansel tidak ditunjuk langsung oleh Presiden Jokowi.

“Olehkarena itu apakah perlu kita desak pansel itu tidak langsung sepihak oleh presiden Jokowi. Tetapi, Presiden Jokowi kita beri kerangka berfikir sebagai nasihat dari rakyat,” kata Busro dalam keterangannya, Sabtu (11/5/2024).

Menurutnya, biar masyarakat yang memberikan masukkan kepada Presiden sebagai langkah demokratis. “Yaitu pansel yang demokratis,” katanya.

Busyro menerangkan, arah KPK periode berikutnya bakal ditentukan oleh pansel yang akan dibentuk nanti. Dia hanya punya satu statemen, yakni mengembalikan KPK pada garis aslinya.

Masyarakat sipil harus mendorong Presiden agar mereka memilik hak mengajukan kriteria-kriteria tertentu dalam menentukan pansel. “Sehingga, masyarakat sipil pun bisa sama-sama mengusulkan pula orang-orang dengan rekam jejak terbaik,” kata dia. (Ils78***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.