Mei 28, 2024

Bharindo Jakarta: Arus mudik Lebaran 2024 menyebabkan, banyak kecelakaan lalu lintas terutama pada sepeda motor. Hal itu disampaikan, Pemerhati Masalah Transportasi dan Hukum, Budiyanto.

“Banyak faktor yang menjadi penyebab dominasi sepeda motor dalam kecelakaan lalu lintas. Salah satunya, sepeda motor dirancang untuk digunakan dalam jarak pendek, tapi banyak pengemudi yang menggunakannya untuk perjalanan jarak jauh,” kata Budiyanto dalam perbincangan bersama Pro3 RRI, Minggu (14/4/2024).

Selain itu, lanjutnya, banyak pelanggaran yang dilakukan oleh pengendara sepeda motor seperti membawa lebih dari satu penumpang. Pengemudi juga seringkali melebihi kapasitas muatan.

“Mengemudi dengan membawa beban berlebihan tidak hanya membuat kendaraan sulit dikendalikan. Akan tetapi, juga menimbulkan tingkat kelalaian yang tinggi dan hal ini sangat bahaya,” ucapnya.

Oleh karena itu, Budiyanto mengajak masyarakat untuk mematuhi peraturan lalu lintas serta menggunakan helm, sarung tangan, dan jaket. “Pada saat mengemudi konsentrasi penuh juga menjadi kunci keselamatan di jalan raya,” ujarnya. (SEKAR) (Ils78***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.