Juni 24, 2024

Bharindo Wonosobo,- Polres Wonosobo menggelar upacara untuk merayakan Hari Kelahiran Pancasila di halaman Mapolres Wonosobo. Upacara yang dipimpin oleh Wakapolres Wonosobo, Kompol rendi Johan Prasetyo, S.H., S.I.K., M.A.P., ini menjadi momentum penting untuk memperingati nilai-nilai dasar Pancasila yang menjadi fondasi negara Indonesia pada Sabtu (1/6) pagi.

Upacara tersebut diikuti oleh pejabat utama Polres Wonosobo serta sejumlah personel Polres Wonosobo. Dalam pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI yang dibacakan Kompol Rendi, dijelaskan bahwa Pancasila sebagai dasar Negara, ideologi Negara dan pandangan hidup Bangsa yang digali oleh para “Pendiri Bangsa” merupakan suatu anugerah dari Tuhan YME untuk Bangsa Indonesia.

“Di dalamnya terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional “Bhinneka Tunggal Ika,” ungkap Wakapolres.
Wakapolres juga mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk dapat bersama-sama menerapkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, serta menjadikan Pancasila sebagai pedoman hidup serta pembimbing jalan bagi masyarakat Republik Indonesia.

Lebih lanjut, momen peringatan Hari Kelahiran Pancasila ini pun diharapkan dapat membangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik.

“Sebagai anggota Polri kita harus menghayati Pancasila serta mendegungkan kepada masyarakat bahwa falsafah Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah Pancasila dengan mewujudkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dalam pelaksanaan tugas untuk melindungi, melayani serta mengayomi masyarakat.” tutup Wakapolres. (Bdys***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.