Juni 24, 2024

Bharindo Lampung, 23 Mei 2024 — Kapolda Lampung, Irjen Pol Helmy Santika S.H., S.I.K., M.Si, melaksanakan monitoring langsung pada perayaan Hari Raya Waisak Nasional di Provinsi Lampung. Irjen Pol Helmy Santika mengunjungi dua vihara utama, yakni Vihara Thai Hin Bio dan Vihara Amurwa Bhumi Graha, untuk memastikan perayaan berlangsung aman dan tertib.

Monitoring ini dimulai pada pukul 19.00 WIB, di mana Kapolda Lampung tiba di Vihara Thai Hin Bio. Kehadirannya disambut hangat oleh para biksu dan umat Buddha yang sedang khusyuk dalam doa dan ritual Waisak. Irjen Pol Helmy Santika mengelilingi vihara, memantau jalannya perayaan, dan berdialog dengan pengurus vihara untuk memastikan segala kebutuhan terkait keamanan telah terpenuhi.

“Saya ingin memastikan bahwa perayaan Hari Raya Waisak berjalan dengan aman dan lancar. Kepolisian siap mendukung setiap kegiatan keagamaan agar masyarakat dapat beribadah dengan tenang,” ujar Irjen Pol Helmy Santika kepada awak media.

Setelah memantau situasi di Vihara Thai Hin Bio, Kapolda beserta rombongan melanjutkan monitoring ke Vihara Amurwa Bhumi Graha. Di sana, suasana perayaan Waisak juga berlangsung khidmat dengan berbagai ritual dan persembahyangan. Kehadiran Kapolda Lampung memberikan rasa aman dan nyaman bagi umat Buddha yang sedang melaksanakan ibadah.

“Kami sangat berterima kasih atas perhatian dan dukungan dari pihak kepolisian. Kehadiran Kapolda di tengah-tengah kami memberikan rasa aman dan memastikan bahwa perayaan ini bisa berjalan dengan lancar,” ungkap salah satu pengurus Vihara Amurwa Bhumi Graha.

Selain memantau langsung, Kapolda juga memberikan arahan kepada jajarannya untuk terus siaga dan melakukan patroli di sekitar area vihara. Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang bisa mengganggu jalannya perayaan.

Perayaan Hari Raya Waisak merupakan salah satu momen penting bagi umat Buddha, dan kehadiran Kapolda Lampung dalam monitoring ini menjadi bukti nyata komitmen Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat, khususnya dalam perayaan hari-hari besar keagamaan.

Dengan suasana yang aman dan kondusif, diharapkan umat Buddha di Lampung dapat merayakan Waisak dengan penuh khidmat dan kebahagiaan. (Ss***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.