Juni 20, 2024

Bharindo Dompu –  Kunjungan Menteri Pertanian, Andi Arman Sulaiman ke Provinsi Nusa Tenggara Barat, berdampak bagi kabupaten Dompu. Dimana, saat melakukan penanaman jagung di Labuhan Badas, Kabupaten Sumbawa, pekan lalu, Dompu mendapat manfaatnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kbupaten Dompu, Muhammad Syahroni mengatakan, dalam kesempatan tersebut, Menteri Pertanian RI ini, menyerahkan bantuan bagi Kabupaten Dompu, untuk sektor pengembangan pertanian.

“Nilainya fantastis yakni mencapai Rp33,98 miliar,” katanya, Jum’at (26/1/2024).

Syahroni merinci, tambahan anggaran untuk sektor pertanian Kabupaten Dompu itu, sebanyak Rp680 juta untuk bantuan benih padi seluar 2.000 hektar dan bantuan bibit jagung seluas 37.000 hektar senilai Rp33,3 miliar. Pemberihan bantuan ini, karena Dompu dianggap berhasil menjadi daerah terbaik dengan komoditi jagung di tahun 2023.

“Alhamdulillah karena ada kinerja yang baik dari sisi produksi dan produktivitas sehingga Dompu mendapat respon positif dari Pemerintah Pusat,” katanya.

Seperti diketahui, sejak tahun 2010, Kabupaten Dompu, mulai menarik perhatian nasional, akibat program pengembangan komoditi jagung. Bahkan, di tahun 2015, saat Presiden Joko Widodo melakukan panen raya jagung di Desa Kampasi Meci, Kecamatan Manggelewa, Harga Pembelihan Pemerintah (HPP) Jagung, yang selama ini tidak pernah ada, ditetapkan Presiden.

Komoditi padi, Kabupaten Dompu setiap tahun selalu mengakami surplus. Bahkan, Kabupaten Dompu, merupakan salah satu daerah yang menjadi penyanggah pangan nasional. Gabah produksi Dompu, banyak dikirim ke luar daerah, untuk memneuhi kebutuhan pangan luar daerah. (Bdms***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.