Mei 29, 2024

Bharindo Jakarta, РKorps Lalu Lintas (Korlantas) Polri resmi mengoperasikan Ruang Analisis Kecelakaan Lalu Lintas (Traffic Accident Analysis/TAA). Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan bersama Dirrgakkum Korlantas Polri Brigjen Raden Slamet Santoso memimpin peresmian di Gedung Djayusman Korlantas Polri, Jakarta, Jumat (8/3/2024).

TAA Center¬†adalah ruang untuk membahas dan merekam pengolahan tempat kejadian perkara (TKP) dari seluruh Indonesia. Ruang TAA merupakan laboratorium yang meneliti dan mengkaji dalam berbagai situasi kecelakaan,” kata Irjen Aan dalam keterangan tertulis, Jumat.

Khususnya, kata dia, kecelakaan yang menonjol. “TAA didukung dengan peralatan modern, seperti 3D laser scanner,” kata Irjen Aan.

Dia menerangkan, dalam pelaksanaan TAA, penggunaan teknologi yang modern sangat membantu dalam menggali informasi. “Sehingga, diperoleh hasil yang benar-benar akurat,” kata dia.

Sebab, kata dia, TAA adalah bentuk transformasi dalam penegakan hukum dari bentuk konvensional ke digitalisasi. “Terutama dalam olah tkp, dengan alat ini sudah merangkum semua ilmu pengetahuan,” ujar dia.

“Di situ terkait olah TKP, ada ilmu telematika, ada fotografi forensik, ada fisika, dan lain sebagainya.” Dalam kesempatan tersebut, Kakorlantas juga memberikan Serifikat Pelatihan 3D Laser Scanner kepada personel Korlantas.

“Ke depan, kami ingin memperbanyak ahli-ahli dengan cara mensertifikasi seluruh petugas olah TKP dengan penggunaan alat 3D laser scanner. Sehingga, hasilnya dengan alat ini lebih objektif tidak terbantahkan,” ucap Irjen Aan.(ils78***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.