Mei 29, 2024

Bharindo Jakarta,- Anggota Komisi I DPR RI Dave laksono menyoroti, masih terdapatnya ancaman terhadap insan pers yang memberitakan isu krusial. Dave mengaku, pers memiliki risiko tinggi ketika harus memberitakan persoalan penggundulan hutan dan pertambangan.

“Bisa jadi ada situasi khusus, hal-hal yang dirasa merugikan pihak dengan yang lain, macam-macam. Bisa juga soal pembabatan hutan, lalu pertambangan,” kata Dave saat berbincang dengan PRO3 RRI, Jumat (3/5/2024).

Bahkan, ia mengungkapkan, kebebasan persnya juga bisa terancam dari kepentingan elitis. Para elitis itu, disebutkan Dave, dapat men-take down pemberitaan yang diberitakan pers.

“Dengan kemampuan yang mereka miliki, bisa menghentikan pemberitaan tersebut. Jadi tidak selalu berkaitan dengan HAM,” ucapnya.

Ke depannya, ia mengharapkan, media massa semakin meningkatkan kualitasnya. Dalam membuat berita, harus bisa mengulas dengan etika jurnalistik sepenuhnya.

“Di tambah masyarakat yang inginnya itu hanya sedikit untuk mempelajari mengetahui subjek tertentu di dalamnya. Sehingga seperti feedback gitu, kadang judul sama isi itu jauh,” ujarnya. (Ils78***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.