Juni 24, 2024

Bharindo Jakarta,- Penyelenggaraan World Water Forum (WWF) Ke-10 memiliki tema yang sejalan dengan tujuan United Nations Children’s Fund (UNICEF). Tema yang digunakan dalam WWF ke 10 yakni ‘Water for Shared Prosperity’ atau ‘Air untuk Kemakmuran Bersama.

Spesialis WASH (Water, Hygiene, and Sanitation) UNICEF Indonesia, Salathiel Nali mengatakan, tujuan UNICEF tercakup dalam beberapa fokus, antara lain kebutuhan anak-anak akan akses air bersih. Pada fokus lain, yaitu kelangkaan air dan kesehatan anak.

“UNICEF beranggapan masih banyak anak-anak yang tinggal di daerah yang kekurangan air. Dan ini mengakibatkan dampak negatif terhadap kesehatan mereka,” kata Nali lewat keterangannya, Jumat (3/5/2024).

Pada kesempatan tersebut Nali juga menyebutkan tema WWF Ke-10 yang digelar pada 18-25 Mei 2024 di Bali ada hubungan antara perubahan iklim dan berkurangnya pasokan air. Hal ini tentu merupakan ancaman utama terhadap kesejahteraan anak-anak.

“Untuk itu, menemukan solusi untuk kesejahteraan air bersama. Ini akan menjadi hal yang sangat penting di dalam dunia yang mengalami perubahan iklim,” kata Nali.

Nali menegaskan, pihaknya sangat mendukung hak atas air bersih dan sanitasi. WWF Ke-10 dinilai mempromosikan akses yang adil terhadap air secara langsung.

WWF Ke-10 akan fokus membahas empat hal. Antara lain tentang konservasi air (water conservation), dan air bersih dan sanitasi (clean water and sanitation).

Adapula membahas ketahanan pangan dan energi (food and energy security). Serta mitigasi bencana alam (mitigation of natural disasters).

Sebanyak 244 sesi dalam forum diharapkan dapat memberikan hasil konkret mengenai pengarusutamaan pengelolaan air terpadu untuk pulau-pulau kecil. Kemudian pembentukan pusat keunggulan atau praktik terbaik untuk ketahanan air dan iklim, serta penetapan Hari Danau Sedunia. (Ils78***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.