Juni 24, 2024

Bharindo Jakarta – Rekrutmen Akademi Kepolisian (Akpol) Tahun Anggaran 2024 tengah memasuki tahap Uji Kesamaptaan Jasmani. Tahap ini diikuti 3.325 calon taruna/taruni di 34 polda se-Indonesia.

Uji Kesamaptaan Jasmani dilakukan usai para catar setelah mengikuti computer assisted test(CAT) Akademik. Sementara usai Uji Kesamaptaan Jasmani, nantinya peserta seleksi akan menjalani sidang menuju pemeriksaan kesehatan tahap dua.

“Sidang menuju pemeriksaan kesehatan 2 ini dimaksudkan sebagai penentuan bagi peserta yang lolos di Uji Kesamaptaan Jasmani, dan melanjutkan seleksi di tahap berikutnya, yaitu Pemeriksaan Kesehatan 2,” kata Kabag Penyedia Personel Biro Pengendalian Personel SSDM Polri Kombes Fadly Samad, dalam keterangannya pada Sabtu (31/5/2024).

3.325 Peserta seleksi Akpol tersebut terdiri dari 3.062 pria dan 263 wanita. Adapun penilaian dalam sidang ini meliputi pembobotan nilai dari hasil Tes Psikologi, CAT Akademik dan Uji Kesamaptaan Jasmani.

“Uji Kesamaptaan Jasmani terdiri dari beberapa item, antara lain Lari 12 Menit, Pull Up, Chinning, Push Up, Sit Up dan Shutlle run, ditambah renang. Ini bertujuan untuk menguji ketahanan fisik peserta seleksi,” papar Fadly.

Fadly menjelaskan calon taruna dan taruni yang lolos sidang menuju Pemeriksaan Kesehatan 2, akan menjalani pemeriksaan organ dalam tubuh seperti jantung hingga darah.

“Yang diperiksa adalah jantung, urine, dan darah,” kata Fadly.

Calon taruna dan taruni yang lolos tahapan pemeriksaan kesehatan tahap dua, akan menjalani pemeriksaan mental kepribadian dan tes psikologi. Tahap selanjutnya adalah pemeriksaan administrasi akhir, kemudian sidang akhir tingkat panitia daerah (polda asal).

“Kemudian pada jalur seleksi lainnya, yakni Bintara Polri tahun anggaran 2024, telah selesai tahap CAT Akademik sebanyak 70.916 peserta yang terdiri dari 61.134 pria dan 9.782 wanita. Terakhir, untuk rekrutmen Tamtama 5.291 peserta telah melakukan CAT Akademik,” pungkas Fadly. (Ils78***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.