Juni 20, 2024

Bharindo Jepara, – Kepolisian Resor (Polres) Jepara menggelar operasi kepolisian kewilayahan dengan sandi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2024. Operasi yang berlangsung selama 14 hari itu ditandai apel gelar pasukan di Mapolres Jepara, Sabtu (2/3/2024) pagi.

Apel gelar pasukan yang dipimpin Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan itu melibatkan unsur kepolisian, TNI, dan Dinas Perhubungan. Kemudian, Satpol PP, para komunitas, mahasiswa, siswa sekolah hingga perwakilan masyarakat dan tamu undangan lainnya.

Dalam amanatnya, Kapolres Jepara menyampaikan, ini merupakan Operasi Cipta Kondisi Kamseltibcarlantas yang kondusif. Terutama menjelang Idul Fitri 1445 Hijriah /Tahun 2024, yang berfokus pada kegiatan preemtif dan preventif serta teguran.

Tujuan operasi ini untuk meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas serta menurunkan angka pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas. Dengan demikian, tercipta keamanan, ketertiban, kelancaran, dan keselamatan berlalu lintas (kamseltibcarlantas) yang optimal.

Diharapkan, operasi dapat berjalan lancar dan memberikan hasil positif dalam menjaga keamanan dan keselamatan masyarakat. Dalam apel ini, perwakilan pelajar membacakan ikrar Deklarasi Aksi Keselamatan Jalan yang menegaskan komitmen untuk setia kepada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Selain itu siap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Mereka juga berjanji untuk saling menghargai dan menghormati hak pengguna jalan sesuai amanat Undang-Undang Lalu Lintas Nomor 22 Tahun 2009.

Mereka bersedia bersama Polri memberikan sosialisasi, edukasi, dan partisipasi dalam upaya mewujudkan lalu lintas yang aman, tertib, dan berkeselamatan. Operasi ini diharapkan menjadi langkah konkret meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap aturan lalu lintas. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.